Intip Inspirasi Material Pagar untuk Rumah Kamu di Sini!

Jika kamu perhatikan, di Indonesia rata-rata menggunakan pagar di rumah. Pagar sendiri memiliki fungsi untuk membatasi atau mencegah gerakan melintasi batas yang dibuatnya. Selain menjadi pelindung dan pembatas rumah, sekarang pagar juga menjadi salah satu aksesoris dari rumah agar rumah tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dari rumah lainnya ketika nampak dari depan. Pagar juga memiliki berbagai jenis atau desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dari rumah tersebut seperti pagar rumah minimalis dan pagar rumah lainnya.

Nah, bila kamu tertarik untuk menggunakan pagar minimalis untuk hunianmu, berikut material yang bisa kamu gunakan, yaitu :

1. Besi

Material yang pertama adalah besi. Besi adalah material yang paling sering digunakan untuk besi karena lebih kuat dan tahan lama. Beberapa jenis besi yang digunakan adalah besi hollow, besi tempa, dan baja ringan.

2. Kayu

Penggunaan kayu juga bisa digunakan untuk sebagai material pagar rumah minimalis. Penggunaan kayu memang lebih estetik dibandingkan penggunaan besi. Namun, kelemahan penggunaan kayu adalah tidak rentan terhadap cuaca dan rayap. Jadi, kamu harus selalu melakukan finishing rutin dalam jangka waktu setahun sekali supaya tetap berkilau alami dan bebas dari serangan rayap.

3. Batu bata

Tidak hanya sebagai bahan material pembuat rumah, batu bata juga bisa digunakan sebagai material pembuat pagar rumah minimalis. Seperti yang sudah diketahui, batu bata memiliki daya tahan yang kuat dan awet. Namun, kekurangan dari penggunaan batu bata adalah kamu tidak bisa melihat keluar rumah karena jarak pandang yang rapat.

4. Bambu

Selain ketiga bahas tadi, lanjut kebahan selanjutnya adalah menggunakan bambu. Bambu sendiri memiliki tampilan yang lebih natural dan harganya yang relatif terjangkau. Untuk perawatan dari pagar bambu sendiri harus sering dicek secara berkala minimal 2 kali dalam setahun agar tampilannya tetap menarik.

5. Batu alam

Penggunaan batu alam sebagai pagar rumah minimalis akan menampilkan kesan yang estetik dan tidak monoton karena sangat berwarna-warni. Jenis-jenis batu alam yang bisa digunakan untuk pagar rumah minimalis diantaranya adalah batu granite, batu andesite, batu palimanan, batu paras jogja, batu paras telur asin, batu Bali Green, batu templek, batu koral, batu kali, dan marmer. Namun, kamu harus sering untuk membersihkan secara berkala dengan menyikatnya secara rutin agar tidak mudah berlumut.

6. Alumunium

Material alumunium ternyata juga bisa digunakan sebagai pagar rumah minimalis. Aluminium dipilih karena kuat, anti karat, tahan lama, dan tidak mudah dibobol atau rusak. Harganya juga relatif terjangkau. Jika ingin menggunakan alumunium, kelemahannya adalah privasi akan berkurang karena jenis pagar ini tembus pandang dan proses pemasangannya sangat lama.

 

Itu beberapa jenis material yang bisa digunakan untuk pagar rumah minimalis di rumah kamu. Semoga bisa menjadi inspirasi, ya!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *