Cara Tepat untuk Mengatasi Cegukan pada Bayi

Banyak para orang tua yang merasa khawatir ketika anaknya mengalami cegukan, memang tidak bisa dipungkiri bahwa hal itu sebagai rasa cinta dan kasih sayang orang tua kepada anaknya. Meski demikian cegukan ini tidak berdampak sistem pernafasan pada bayi. Bahkan banyak bayi yang mengalami cegukan  saat tidur hingga waktu terbangun nanti akan tetap baik-baik saja.

Meski cegukan adalah suatu kondisi yang normal dan bisa dialami oleh semua orang, termasuk bayi. Akan tetapi jika hal itu terjadi pada saat tidur pastinya akan sangat mengganggu. Maka dari itu, agar dapat mengatasinya, berikut ini pembahasannya mengenai cara tepat untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Bagamainan Cara Tepat untuk mengatasi cegukan pada bayi ?

Pijat sebelum tidur

Cara tepat yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah pijat bayi sebelum tidur. Dalam artian pijatan yang anda lakukan tidak sama seperti memijat orang dewasa. Dalam hal ini Anda hanya perlu melakukan pijatan secara perlahan dan lembut.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menepuk punggung bayi secara lembut. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar si kecil merasa lebih tenang dan rileks saat mengalami cegukan. Secara tidak langsung pijatan tersebut dapat memicu keluarnya gas yang ada di dalam perut bayi.

Pada saat menyusui, pastikan mulut si kecil benar-benar melekat pada puting

Kebanyakan bayi mengalami cegukan pada saat menyusu, dimana hal ini biasanya terjadi  karena disebabkan oleh ibu si bayi yang salah dalam cara menyusuinya. Oleh sebab itu sebaiknya anda perhatikan dengan betul posisi yang benar saat menyusui bayi. Usahakan agar lingkaran hitam di sekeliling puting juga ikut masuk saat menyusui bayi.

Dengan begitu kita bisa meminimalisir agar udara tidak  masuk ke dalam paru-paru. Jika cegukan masih berlangsung pada saat menyusui, maka sebaiknya anda hentikan sementara dulu agar bayi tidak tersedak.

Nah, di atas merupakan cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada si bayi. Bagi anda yang memiliki bayi dan mengalami cegukan, anda dapat menggunakan cara di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *